Cuka sari apel dan manfaatnya

cuka-apelApel merupakan jenis buah favorit yang disukai oleh keluarga, karena biasanya di waktu luang atau ketika keluarga berkumpul, terkadang apel menjadi santapan atau cemilan yang menemani waktu tersebut.

Namun tahukah anda, bahwa apel ini bisa di buat menjadi cuka sari apel ? Cuka apel merupakan hasil dari fermentasi sari buah apel, yang sehingga dengan adanya cuka sari apel tersebut dapat mempermudah anda dalam mengkonsumsinya dengan cepat, selain itu juga mempunyai manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan dan kecantikan, berikut dibawah ini penjelasan cuka sari apel dan manfaatnya :

Cuka sari apel dan manfaatnya ~ Manfaat dari cuka sari apel ini belum banyak orang yang mengetahuinya, karena sebagian dari mereka mengkonsumsi apel hanya dengan dimakan langsung dan dijadikan jus. Padahal alternatif lain juga apel bisa di olah menjadi cuka sari apel yang kaya akan manfaat.

Kenapa di buat menjadi cuka sari apel ? Karena saat masa panen dari buah apel, hasilnya menjadi melimpah, sedangkan buah apel ini merupakan jenis buah yang mudah rusak, sehingga diolahlah menjadi cuka sari apel agar menjadi lebih optimal.

Manfaat cuka sari apel ini biasanya di gunakan untuk penyedap makanan yaitu menambahkan rasa asam. Selain itu juga merupakan pengawet alami pada makanan yang dapat anda temui pada jenis sayuran seperti acar. Dan tahukah anda bahwa sejak dulu cuka sari apel dan manfaatnya ini bisa dijadikan pula untuk pengobatan dan mengatasi berbagai macam masalah penyakit.

Namun tentu jangan asal pilih, pilihlah cuka apel yang memang terbuat dari sari apel asli dan alami, jangan mengkonsumsinya apabila terbuat dari sari apel yang dicampur dengan alkohol, karena hal tersebut tidaklah diperbolehkan untuk anda yang muslim. Agar lebih aman dan terjangakau pula, cobalah buat sendiri cuka sari apel dengan cara tradisional :

Sediakan beberapa buah apel segar yang akan di buat menjadi cuka. Cucilah buah apel tersebut sampai bersih dan dalam keadaan yang utuh, kemudian keringkan. Setelah kering, potonglah buah apel tersebut tanpa harus mengkupas kulitnya dan tanpa membuang bijinya pula.

Potonglah dalam ukuran yang sedang. Lalu, simpanlah dalam wadah yang terbuat dari kaca, mengapa ? Karena untuk menghindari reaksi bakteri terhadap cuka apel. Selanjutnya tutup wadah kaca yang sudah di isi potongan apel tersebut dengan kain yang terbuat dari bahan katun. Simpanlah ditempat yang terlindung dan biarkan selama beberapa minggu sampai proses fermentasi terjadi secara sempurna.

Sehingga setelah beberapa minggu, apel yang telah di fermentasikan tersebut akan berubah menjadi cairan dengan bau yang tajam serta memiliki rasa yang keras menyengat. Dan cuka apel tersebut telah selesai dibuat dan siap digunakan.

Cuka sari apel dan manfaatnya ini dapat anda gunakan untuk asam lambung karena mengandung enzim tertentu dan asam yang sehat dalam membantu menetralkan asam lambung dan efektif memerangi keasaman pada lambung anda.

Untuk hasil yang maksimal gunakan buah apel alami agar terhindar dari pestisida dan bahan kimia. Selain itu juga, cuka sari apel ini anti jamur dan anti bakteri, sehingga dapat mengatasi keluhan penyakit lainnya seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, mengatasi kutil, rematik, arthritis, mengatasi iritasi pada kulit dan menyembuhkan luka.

Membantu merawat serta menghaluskan wajah dan kulit karena merupakan toner alami yang dapat membersihkan wajah. Juga berfungsi dalam menyehatkan rambut, mengatasi ketombe dan rasa gatal, membuat rambut menjadi berkilau. Cuka apel ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga dapat membantu program diet.

Posted : www.obatalamiasamlambung.com

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*