Dampak buruk terlalu sering makan pedas

Dampak buruk terlalu sering makan pedas

Dampak buruk terlalu sering makan pedas ~ Tak bisa dipungkiri bahwa memang makanan pedas merupakan makanan favorit yang sangat diminati oleh sebagian besar orang, baik itu perempuan maupun laki-laki, baik itu dewasa maupun remaja, bahkan anak-anak sekalipun.

Namun perlu anda ketahui, bahwa makanan yang pedas dapat menjadi suatu penyebab berbagai masalah datangnya penyakit apabila dikonsumsi secara berlebihan. Di negara kita sendiri di indonesia, kaya akan rempah-rempah sehingga cenderung makanannya berkhas rasa pedas.

Maka, terkadang sebagian orang tidak bisa makan kalau tidak ada sambal. Akan tetapi jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, dapat berdampak buruk pada gangguan kesehatan, yaitu perut menjadi mulas, melilit, diare, dan bahkan menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti dibawah ini :

Masalah lambung : Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dapat berdampak buruk pada kesehatan lambung, dan anda akan mengalami masalah atau gangguan penyakit lambung seperti, refluks asam lambung dan tukak lambung.

Makanan pedas dapat berpotensi merusak dinding lambung, dikarenakan jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam yang terlalu banyak yang dapat menyebabkan luka lambung atau pada lapisan mukosa yang sensitif. Makanan pedas juga dapat mengakibatkan penyakit ulkus gaster atau tukak lambung. Gejala yang nampak pada kondisi tukak lambung, yaitu perut serasa terbakar, gejala mual dan muntah serta penurunan berat badan.

Maag akut : Gastritis atau maag akut disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada mukosa lambung, yang merupakan membran pelapis perut.

Lambung yang sering dimasuki makanan pedas dapat mengakibatkan lapisan pada dinding lambung menjadi menipis, sehingga dapat mengakibatkan pada rentannya terkena infeksi. Kondisi dari gastritis akut ini biasanya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, serta sakit kepala.

Terserang insomnia : Hindari mengkonsumsi makanan pedas saat malah hari, karena suhu tubuh ketika malam hari atau sebelum anda tidur akan naik, dan dapat meningkatkan temperatur tubuh yang menyebabkan anda insomnia atau susah tidur. Karena suhu tubuh perlu diturunkan sebelum tidur di malam hari.

Menyebabkan sariawan : Ketika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas, maka anda akan rentan terkena sariawan, apalagi jika ditambah dengan pola hidup yang kurang sehat, sehingga akan beresiko terkena penyakit ini. Sariawan biasanya tumbuh disekitar bibir dan mulut anda sehingga akan mengganggu kenikmatan makandan bahkan penampilan anda.

Sakit perut dan diare : Terlalu banyak mengkonsumsi makan pedas dapat menyebabkan iritasi pada pencernaan yang menyebabkan meningkatnya gerakan usus, sehingga terjadilah rasa mulas-mulas dan menimbulkan masalah pencernaan yaitu sakit perut serta meningkatkan resiko terjadinya diare.

Setiap orang mempunyai kepekaan usus yang berbeda-beda sehingga daya tahan tubuh seseorang terhadap makanan pedas, tentunya akan dapat berbeda pula. Sehingga sangat disarankan untuk membatasi makanan pedas.

Makanan pedas tidak hanya memberikan anda dampak buruk, akan tetapi dapat pula memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh yang salah satunya mengurangi resiko kanker, karena rasa pedas dapat membunuh sel kanker dengan cara menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun yang tentunya dengan syarat pengkonsumsian yang benar serta tidak berlebihan dan tetap terkontrol. Dengan mengkontrol makanan pedas yang kita konsumsi, maka rasa pedas yang menambah selera makan itu akan memberikan dampak positif bagi tubuh kita jika dikonsumsi dengan baik dan benar.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*