Contoh penyakit yang menyerang kesehatan lambung

Penyakit yang menyerang lambung ~ Lambung merupakan salah satu dari sistem pencernaan yang ada dalam tubuh manusia, terletak di rongga perut bagian atas, dan berbentuk seperti kantung, fungsi dari organ lambung ini yaitu mencerna serta menyerap sari-sari makanan dan kemudian mencernanya, proses mencerna tersebut, tentunya diperlukan asam lambung, asam lambung ini berfungsi sebagai pembunuh mikroorganisme atau kuman yang masuk dalam tubuh bersama-sama dengan makanan yang masuk.

Sehingga asam lambung ini tidak akan dapat mengakibatkan masalah jika di produksi dalam jumlah yang normal, karena tentunya juga akan dapat memberikan manfaat yang sangat berguna sekali untuk lambung. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan, tentunya akan dapat menyebabkan gangguan dari kesehatan lambung, dan berikut contoh penyakit yang menyerang kesehatan lambung :

Gastritis : Lapisan lambung yang mengalami peradangan atau meradangnya lambung. Lapisan yang terkena bisa sebagian atau bahkan semua mukosa lambung. Gastritis ini dibedakan menjadi 2 yaitu akut dan kronis. Gastritis akut ditandai dengan peradangan pada sel-sel mukosa, sedangkan gastritis kornis peradangan pada mukosa lambung yang harus dilihat dengan mikroskop.

Gastroparesis : Organ lambung pada otot-ototnya yang bergerak secara spontan tidak berfungsi dengan normal atau sebagaimana mestinya, hal ini dikarenakan tidak mampunya lambung dalam berkontraksi untuk memindahkan makanan kedalam usus halus, sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan pada organ lambung yang dimana makanan akan susah dan lama untuk dicerna, karena makanan akan bergerak lambat dan bahkan dapat berhenti.

Gastroenteritis : Merupakan gangguan dari kondisi kesehatan lambung yang sering disebut dengan flu lambung dan virus perut. Kondisi ini terjadi dimana usus mengalami peradangan dan terinfeksi karena virus dan bakteri. Dan hal ini terjadi karena konsumsi makanan yang tidak diolah dengan baik, seperti halnya air yang telah terkontaminasi dengan zat berbahaya. Sehingga untuk mencegah penyakit ini disarankan untuk mencuci tangan secara teratur. Bila perlu konsumsilah obat gangguan lambung gastroenteritis.

Dispepsia : Dispepsia ini sering dikenal dengan gangguan pada lambung atau gangguan dari sistem pencernaan, dan kondisi bukanlah suatu penyakita, akan tetapi merupakan suatu gejala dari adanya penyakit, seperti penderita gastritis atau bahkan GERD. Kondisi dari dispepsia ini ditandai dengan rasa tidak nyaman di perut, disertai perih dan nyeri, kembung, mual dan penderita sering bersendawa.

GERD : GERD yang merupakan singkatan dari Gastro Esophageal Reflux Disease ini merupakan kondisi dari gangguan pencernaan yang mempengaruhi LES ( Lower Esophageal Spinchter ) yaitu berupa cincin otot antara lambung dan esophagus yang menyebabkan refluks yaitu kembalinya isi lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan, dan timbul sensasi asam di mulut.

Tukak lambung : Tukak lambung ini sering dialami oleh orang-orang yang tidak menerapkan pola hidup yang sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, merokok dan bahkan stres. Sehingga pola hidup yang buruk tersebut dapat menyebabkan luka pada lapisan lambung akibat dari terkikisnya mukosa lambung. Meski memang penyebabnya adalah pola hidp yang tidak sehat, akan tetapi penyebab utamanya adalah infeksi bakteri yang saling berkaitan dengan pola hidup.

Kanker lambung : Merupakan gangguan dari kondisi kesehatan lambung yang bermasalah dan lebih parah, karena kanker merupakan suatu penyakit yang ganas dan berbahaya yang dapat mengancam jiwa penderitanya. Pada tahap awal kanker lambung ini memiliki gejala yang sangat sedikit seperti halnya dispepsia, sehingga seringkali mereka menganggap gejala tersebut sebagai penyakit yang ringan. Akan tetapi pada stadium lanjut akan menunjukkan gejala yang lebih para seperti muntah-muntah disertai BAB yang berwarna hitam pekat. Sehingga pemeriksaan lebih lanjut menjadi suatu hal yang penting, agar dengan begitu dapat segera dicari pengobatan gangguan lambung tersebut.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*