Ini Dia Fakta Sebenarnya Tentang Yoghurt Bagi Penderita Maag

Anda sedang mencari olahan yang sehat? Ini dia fakta sebenarnya tentang yoghurt bagi penderita maag – Yogurt dapat digunakan sebagai alternatif kali ini. Produk olahan susu ini memiliki rasa sedikit asam namun kaya dengan energi, protein, mineral, dan vitamin. Yogurt juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahkan, para ahli kesehatan mengatakan, yogurt aman untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang menderita asam lambung tinggi. Meskipun terlihat agak asam, tetapi yogurt sebenarnya aman untuk mereka yang mengalami penyakit maag.

Ini Dia Fakta Sebenarnya Tentang Yoghurt Bagi Penderita Maag

Menurut penjelasan dr.Marya Haryono, MGizi, SpGK, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, keasaman yoghurt adalah di antara 4-5 dan itu masih bisa diterima oleh tingkat keasaman lambung yang kurang dari 2.

Baca juga: Cara mudah mengatasi asam lambung dengan aman

Tingkat asam di dalam perut adalah kurang dari 2. Fungsi asam ini untuk membunuh bakteri yang memasuki tubuh melalui makanan atau untuk melembutkan makanan. “Pada kondisi tertentu, kadar asamnya naik. Kondisi ini sering disebut juga dengan sakit maag atau gastritis,” paparnya dalam acara bertajuk “Semakin Sehat dengan Yogurt Saat Puasa” yang digelar Heavenly Blush di Jakarta dikutip dari tribunsews.com.

Marya mengatakan, penyakit ulkus juga dapat disebabkan oleh bakteri Helicobacteri Phylori yang menyebabkan cedera pada perut. “Justru dengan konsumsi yogurt kadar bakteri ini akan dikurangi. Yogurt juga punya kemampuan mengobati luka,” pungkasnya.

Menurut dia, jenis asam yang tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki asam lambung tinggi adalah cuka. Sedangkan asam dalam yogurt adalah asam laktat.

Asam laktat diproduksi oleh bakteri yang menguraikan gula susu (lactose). Ini membuat susu masam menjadi basi dan asam.

Ditambahkan oleh Ivonne Aryanti, Direktur Pemasaran Heavenly Blush, keasaman produk yoghurt juga dipengaruhi oleh jenis bakteri yang digunakan.

“Dahulu sekresi laktatnya banyak sehingga terlalu asam. Tapi sekarang sudah ada bakteri baru, seperti bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang sekresinya asamnya sedikit sehingga tidak asam. Penggunaan gulanya juga bisa dikurangi karena produknya tidak terlalu asam,” ujarnya.

Jadi, kekhawatiran bahwa yogurt dapat membuat mulas berulang sebenarnya tidak wajar. Lebih-lebih lagi, yogurt memiliki banyak manfaat, yang terdiri dari saluran pencernaan yang sehat, meningkatkan kekebalan tubuh hingga mencegah kanker.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*