Waspadai Penyakit Lambung Saat Melakukan Program Diet

Waspadai penyakit lambung saat melakukan program diet – Bagi Anda yang sedang berdiet, perut tidak nyaman telah menjadi ‘hambatan’ jika Anda tidak tahu bagaimana untuk memilih menu. Sayangnya, menu harus dibatasi sementara ulkus perlu diisi makanan. Bertentangan? Sebenarnya tidak. Loh?

Faktor-faktor yang memicu produksi asam lambung yang berlebihan, termasuk beberapa bahan kimia, seperti alkohol, obat tahan sakit pada umumnya, cuka, juga beberapa makanan dan minuman yang memiliki sifat asam, atau makanan dengan bumbu yang bersifat asam. Makanan pedas dan rempah yang merangsang, seperti merica, juga akan memicu produksi asam lambung.

Waspadai Penyakit Lambung Saat Melakukan Program Diet

Kebiasaan makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gejala sakit maag. Ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan pada jadwal tertentu. Bahkan, ketika tidur masih memproduksi asam lambung meskipun tidak ada makanan untuk dimusnahkan. Oleh karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuatnya sulit untuk menyesuaikan keadaan. Jika ini berlanjut, akan ada kelebihan asam dan akan mengiritasi lapisan mukosa lambung. Nyeri dan mual dapat terjadi.

Penyebab Lain Meningkatnya Asam Lambung

Selain pola makan yang tidak teratur, penyakit maag juga dapat disebabkan oleh stres. Ini tidak mustahil karena persyarafan sistem dalam otak yang berhubungan dengan perut, sehingga ketika seseorang mengalami gangguan tekanan yang dapat terjadi di dalam perut, dan terjadi ketidakseimbangan.

Baca juga : Cara mengobati asam lambung dengan aman

Apa yang perlu Anda tahu, stres dapat menyebabkan perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan berikutnya akan merangsang sel-sel di dalam perut yang kemudian menghasilkan asam yang berlebihan. Asam yang berlebihan membuat sakit perut, kembutan, dan perih. Dalam jangka panjang ini dapat menyebabkan cedera pada dinding perut.

Ini Adalah Cara Diet Dengan Menjaga Asam Lambung Tetap Seimbang

Maka bagaimana untuk tetap dapat melakukan diet, sambil menghindari maag? Prinsip pengobatan asam lambung adalah diet atau makan dengan pengaturan. Jangan biarkan perut kosong panjang. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung kosong yang dihasilkan karena tidak memiliki bahan yang akan dicerna, dan yang terjadi adalah dinding perut itu sendiri yang menjadi sasaran.

Jangan mengambil terlalu banyak makanan atau minuman pedas dan asam. Hindari makanan berlemak, karena lemak adalah makan yang sukar dicerna oleh perut. Selain itu, tekstur makanan harus lembut (lembut).

Konsumsi banyak air mineral, karena bisa mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman. Mengurangi konsumsi kopi atau minuman ringan. Atur porsi makan jangan terlalu banyak, tetapi dengan frekuensi sering. Diet tinggi serat akan sangat membantu menetralkan asam lemak, dan mempercepat penyembuhan luka. Sumber makanan tinggi serat adalah sayuran dan buah-buahan.

Selain perawatan medis, orang yang memiliki asam lambung tinggi dan gangguan pencernaan memerlukan menu diet khusus untuk mempercepat penyembuhan. Kondisi, makanan harus bertekstur lembut / lunak, tidak merangsang produksi asam lambung, makan dengan porsi kecil tetapi sering (setiap 3 jam). Makanan juga harus memenuhi kecukupan gizi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.

Makan Yang Perlu Diperhatikan Saat Diet

Bahan makanan yang mengandung gas seperti kubis, kembang kol, nangka, durian, minuman ringan, kopi dan alkohol harus dihindari. Jangan gunakan makanan pedas tajam karena dapat merangsang produksi asam lambung. Misalnya cabai, cuka, asam jawa, belimbing, asam Kandis, asam Gelugur, limau dan lada.

Bahan makanan sulit dicerna seperti beras ketan, singkong, jali, kentang, krim mentega, kue harus dihindari. Begitu juga dengan bahan makanan berserat tajam seperti kedondong dan nanas.

Teknik pengolahan sebaiknya menggunakan direbus dan dikukus. Bagaimana untuk memasak akan menghasilkan makanan lembut bertekstur/lembut. Hindari memasak dengan cara digoreng atau panggang. Selain makanan menjadi kering, sulit dan keras, memasak dengan cara ini juga mengandung banyak minyak yang dapat membuat mual.

Diet yang baik dan aman untuk pasien dengan sakit maag adalah diet rendah kalori yang beragam dan seimbang. Diet yang seimbang berarti Anda masih bisa makan nasi yang dibagi menjadi 3 kali ukuran hidangan sarapan pagi, makan siang dan makan malam, disertai sebanyak 2 kali selingan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*